22 September 2009

Saat Terbaik Dalam Hidup

Saat Terbaik Dalam Hidup Kita

Suatu yang sudah menjadi kepastian dialami setiap makhluk adalah, ada dan tiada. Setiap makhluk asalnya tidak ada, lalu menjadi ada karena diciptakan Allah akan wujudnya. Setelah ada, Allah pun melengkapi-nya dengan sarana kebutuhan untuk mendukung keberadaannya. Inilah dua nikmat dasar yang Allah berikan pada setiap makhluk, yaitu nikmat penciptaan Allah atas wujud keberadaannya, dan nikmat yang kedua adalah nikmat diperlengkapi-nya setiap makhluk dengan sarana kebutuhan yang mendukung keberadaannya, agar terjadi keberlanjutan. Jika dua nikmat ini sudah dapat dirasakan oleh kita, maka kita akan selalu merasa fakir dan butuh terhadap pemberian Allah SWT setiap detik-nya.

Dzun-Nun Al-Mishri berkata:
Siapa yang dalam tauhid-nya merasa seolah-olah sebagai hasil kecerdasannya sendiri, maka tauhid-nya itu tidak dapat menyelamatkannya dari api neraka, sampai ia merasa bahwa tauhid-nya itu adalah karunia dari Allah SWT.

Sifat asli dari setiap makhluk adalah miskin, oleh karena itu mereka memerlukan bantuan dari Allah untuk memenuhi kebutuhannya. Jika setelah semua kebutuhannya terpenuhi lalu mereka lupa kepada Allah SWT, maka untuk mengingatkannya, Allah menimpakan berbagai macam kejadian kepada mereka, seperti penyakit, panas, haus, lapar, kesulitan, sedih, dan sebagainya, agar mereka ingat kembali kepada Allah SWT. Tapi diantara mereka ada yang ingat kembali kepada Allah dan ada yang tidak.

Saat terbaik dalam hidup kita adalah saat kita mengakui kefakiran dan merasa benar-benar bahwa kita sangat butuh pemberian Allah, tanpa Allah kita tidak mungkin hidup dan tidak ada yang bisa menolong selain-Nya. Inilah saat terbaik buat kita. Bisakah kita masuk dan berada dalam saat saat terbaik itu?

---------------------------------
musthaf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar